PSIM Jogja vs Persipur Purwodadi, Menjaga Asa di Laga Perdana

Setelah sempat tertunda karena adanya tarik ulur pertandingan “Playoff Khusus”, PSIM akhirnya akan mengawali perjuangannya untuk tetap bertahan di Liga 2 besok sore (Kamis, 12 Oktober 2017). Laga pembuka babak playoff Liga 2 Grup H bakal mempertemukan PSIM Jogja melawan Persipur Purwodadi di Stadion Kanjuruhan.

Pertandingan nanti merupakan laga penting bagi kedua karena menjadi jalan pembuka untuk terus menjaga asa bertahan di Liga 2. Menurut catatan redaksi Yodab! sejak PSIM juara pada tahun 2005, Persipur dan PSIM sejatinya jarang bertemu pada pertandingan liga .

Baru sejak tahun 2015, kedua tim mulai berhadapan satu sama lain hingga berlanjut ke babak playoff besok. Pertemuan kedua tim relatif imbang, PSIM dan Peripur saling mengalahkan sebayak satu kali, sedangkan sisanya berakhir imbang. Hasil imbang ini sendiri terjadi pada laga ujicoba jelang kompetisis tahun 2015 (yang akhirnya dibatalkan).

Kemenangan pertama PSIM terjadi di Stadion Sultan Agung dalam kompetisi ISC B 2016. Saat itu Laskar Mataram menghajar Persipur 3-0 melalui gol yang dilesakan oleh Hendika Arga, Rangga Muslim dan M. Juni Riyadi. Pada pertemuan terakhir di Grobogan, PSIM harus menelan kekalahan 1-2 dengan Rangga lagi-lagi menjadi momok Persipur dengan 1 golnya. Sayang, Rangga Muslim tidak lagi akan menghantui tim Laskar Petir besok.

Kemenangan menjadi hal mutlak untuk diraih tim Parang Biru untuk melapangkan jalan bertahan di Liga 2 sekaligus sebagai modal untuk menghadapi 2 laga selanjutnya. Meski sempat mengalami gangguan karena adanya penundaan, Pelatih Erwan Hendaryanto melalui laman resmi klub menjamin bahwa fokus anak asuhnya tidak terganggu. Dari catatan di babak grup sendiri, PSIM memiliki trend yang lebih positif dari Persipur, baik dari jumlah poin, produktivitas gol maupun selisih gol. Namun Persipur mencatatkan catatan kebobolan yang lebih sedikit dari tim Laskar Mataram.


Ditulis oleh M. Faizal Alim (red)

Grafis oleh Dimas Allan Z

Leave a Reply

%d bloggers like this: