Tahun 2018 telah terlewati selama lebih dari sepekan, dengan kata lain kick-off Liga Indonesia yang selalu tidak jelas tanggalnya itu akan semakin dekat. Musim ini PSIM akan kembali berlaga di Liga 2, menjadi musim ke-11 PSIM berada di kasta ke dua. Liga 2 tahun 2018 akan berjalan dengan format baru, mengingat hanya ada 24 tim yang akan berkompetisi. Meski begitu, dipastikan akan lebih ketat dan berat dibandingkan musim 2017 lalu. Saat ini tim Laskar Mataram masih belum menunjukan tanda-tanda akan melakukan persiapan.  Gosip terakhir, pihak-pihak pemangku kepentingan di tubuh PSIM masih sibuk untuk mempersiapkan “Pasewakan Agung“, pertemuan yang direncanakan untuk mempertemukan stakeholders PSIM, memutuskan rencana PSIM ke depan.

Lalu, sejauh mana progress dari tim Liga 2 lain yang akan menjadi lawan PSIM di Liga 2 nanti?

  • Semen Padang FC

Dimulai dari tim satriyo ing tanah sabrang, Semen Padang FC. Tim yang bermarkas di Sumatera Barat ini sudah memulai melakukan persiapan sejak Desember 2017 lalu. Terdegradasi dari Liga 1 jelas menjadi pukulan telak bagi tim asal Ranah Minang ini. Meski saat ini sedang dilanda masalah internal dalam manajemen PT Semen Padang selaku sponsor utama SPFC dengan PT Semen Indonesia (perusahaan induk PT Semen Padang), persiapan tim Kabau Sirah relatif tidak terganggu. SPFC telah menunjuk Syafrianto Rusli sebagai pelatih kepala untuk mengarungi Liga 2 nanti. Semen Padang juga masih diperkuat pemain-pemain beken seperti Hengky Ardiles, Leo Guntara dan Irsyad Maulana. Terakhir tim berlogo Ndas Kebo ini baru menggeber fisik pemainnya dengan melakukan latihan di Pantai.

  • PSPS Riau

Gagal promosi ke Liga 1 sepertinya membuat manajemen PSPS semakin serius untuk mempersiapkan tim kebanggan masyarakat Pekanbaru dan sekitarnya ini dalam menyongsong kompetisi mendatang. Tidak tangung-tangung, mantan pelatih Mitra Kukar dan Semen Padang, Jafri Sastra, akan menjadi arsitek PSPS. Selain Jafri Sastra, kiper gondrong Jandia Eka Putra juga ikut menyebrang  ke Pekanbaru. PSPS sendiri akan mengikuti gelaran Piala Presiden yang akan dimulai 16 Januari mendatang. Dari segi non teknis, PSPS telah mengumumkan sponsor apparel untuk musim ini, siapa tebak? Kelme.

  • Aceh United

Tim promosi asal Negeri Serambi Mekah, Aceh United menjadi tim promosi yang paling serius mempersiapkan diri. Mematok target tinggi promosi ke Liga 1, Aceh United telah melakukan latihan perdana 8 Januari 2018 dan telah mengontrak beberapa pemain dari Liga 1 dan Liga 2, seperti Reza Fahlevi (Bali United), Syahrizal (Celebes FC), Hendra Sandi Gunawan (Persiba Balikpapan), dan Rully Desrian (Bhayangkara FC)

  • Persika Karawang

Goyang Karawang sepertinya akan semakin menggila di Liga 2 musim 2018. Persika Karawang bisa dikatakan menjadi salah satu tim yang cukup baik dalam melakuakan persiapan tim. Mantan pelatih PBFC , Ricky Nelson, resmi ditunjuk sebagai nahkoda tim sejak Desember 2017 lalu. Persika juga telah menjalani baberapa laga ujicoba denga lawan yang tidak main-main. Persija, PS TNI dan tim asal Malaysia UiTM telah ber-uji nyali dengan tim Laskar Jawara. Saat ini Persika juga tengah gencar melakukan seleksi pemain, Rudiana dan Riski Novriansyah dikabarkan baru mengikuti trial di kota dengan UMP hampir 3x lipat dari Jogja ini.

  • Persita Tangerang

Adakah yang penasaran dengan dimana Engkus Kuswaha saat ini? Jika ada, jawabannya adalah baru ikut seleksi pemain di Persita. Pendekar Cisadane saat ini tampaknya baru semangat-semangatnya dalam persiapan tim. Setelah bertahun-tahun menjadi tim musafir, musim ini Persita tampaknya akan balik kandang stelah stadion baru di Tangerang sudah hampir selesai dibangun. Selain Engkus, mantan bek Timnas M. Roby juga mengikuti seleksi di Stadion Benteng. Persita juga masih diperkuat pemain-pemain Timnas Belanda (pemain Timnas U23 Indonesia yang pernah TC di Belanda) seperti Egy Melgiansyah dan Ledy Utomo. Meski tidak memperpanjang kontrak Bambang Nurdiansyah, Pendekar Cisadane masih akan tetap dilatih oleh pelatih Senior Elly Idris.

 

Berlanjut ke Bagian 2


Ditulis oleh Redaksi Yodab! (DAZ)

Dikutip dari berbagai sumber (SPFC, PSPS 1 & 2, Persika, Persita)

1 COMMENT

  1. Attractive section of content. I just stumbled upon your web site and in accession capital to assert that
    I get in fact enjoyed account your blog posts. Any way I’ll
    be subscribing to your feeds and even I achievement you access consistently fast.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here